Rabu, 14 Januari 2015

TENTANG KAU, KITA DAN HUJAN...






Bismillah..
Sedikit kembali berbagi pengalaman tentang hujan. Mumpung sekarang sedang musim hujan hehee. Penjelasan ilmiah tentang hujan, hujan adalah  peristiwa turunnya butir-butir air dari langit ke permukaan bumi akibat proses kondensasi uap air di udara. pasti yang terbayang di benak sebagian besar kita jika mendengae istilah hujan adalah air, basah, jemuran, banjir dan sebagainya. Dalam Al Qur'an hujan dapat berupa rezeki dan dapat berupa musibah (seperti banjir). Dalam kutipan Ayat Al Qur'an berikut, hujan merupakan suatu rezeki Allah yang diturunkan dari langit menuju bumi.




Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air ("hujan") dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan "hujan" itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (QS. Al Baqoroh:22)

Dalam  ayat lain juga diterangkan..




Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air "hujan" dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air "hujan" itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai. (QS. Ibrahim:32)

Dan masih banyak ayat tentang hujan sebagai karunia. Namun Hujan juga bisa menjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor jika tidak disyukuri dan malah dicela. Hujan juga merupakan waktu yang mustajab bagi seorang muslim untuk berdoa.

"Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR Baihaqi dan Hakim).

      Kali ini saya ingin bercerita tentang anugerah hujan dalam pengalaman kehidupan ini.. Biasanya kalau hujan sedang turun kita akan teringat memori-memori indah ataupun yang lain entah bersama keluarga, orang terkasih, teman-teman, orang lain, jalanan (kalau sedang dalam perjalanan hehe), alam dan lainnya. Ketika hujan mulai turun suhu akan menjadi semakin adem. Hampir sebagian besar orang ketika hujan mulai turun dan mulai menderas pasti mereka akan segera berteduh, atau mungkin hujan akan menahan kita pada suatu tempat. Disitulah biasanya tercipta sebuah peristiwa, hal dan memori cerita yang indah dan terkenang.Biasanya ketika kita tertahan hujan disuatu tempat suasana akan semakin kental dan akrab. Kita mungkin bisa tertahna huja ketika kita sedang bersama keluarga, sahabat orang tercinta dan bahkan orang yang tadinya kita belum kenal akan timbul keakraban. Biasanya kita saling berbincang -bincang tentang cerita, pengalaman, dan ilmu ketika menunggu hujan mereda. Kalau saya pribadi hampir pernah merasakan semua hal ketika tertahan hujan di suatu tempat. Biasanya saya tertahan hujan ketika sedang berkunjung ke kosan kawan saya, disana juga ada kawan lain, sehingga biasanaya kami melakukan hal-hal yang menraik, unik dan menggelitik seperti main game, membuat suatu planning (entah apapun itu), melakukan hal yang sedikti konyol, seperti mengerjai teman lewat sms dsb hehe. Ketika saya juga tertahan hujan di sebuah masjid kami juga saling berbagi ilmu agama, bahkan kami kadang ikut nimbrung ke orang yang lebih ahli atau ustadz yang juga sedang menunggu hujan mereda. Ketika tertahan hujan dikampus kadang bersama adik angkatan, penjaga kampus, dan dosen menjadi saling berbaur berbagi pengalaman cerita dan ilmu, kami juga terkadang menyampaikan masukkkan kami ke dosan untuk kondisi kampus. Di jalanan ketika saya berteduh dari hujan yang cukup lebat saya juga diajak bercerita dengan orang lain, ya meskipun hanya basa basi hehe. Dari sekian pengalaman tertahan hujan yang paling saya ingata adalah ketika saya bertamu ke rumah kadus kkn saya, waktu itu kami tertahan hujan cukup lama hampir lebih dari 1 jam dirumah beliau, kami malah dapat banyak ilmu, pengalaman dan cerita dari beliau tentang agama, dan desa sedikit seluk beluk desa kkn. Terkadang saya ingin kembali bertemu beliau kembali dan berbincang-bincang banyak hal..

         Pengalaman melawan hujan juga pasti pernah dirasakan oleh hampir sebagian orang. Tim sepakbola ITP09 kami malah akan sangat bersyukur sekali jika hujan turun ketika pertandingan akan dimulai. kami menganggap hujan adalah anugerah sehingga Alhamdulillah kami selalu diberi hasil maksimal ketika bertanding dalam kondisi hujan. Entah kenapa bial hujan turn ketika sedang pertandingan seolah-olah semua anggota tim menjadi memiliki kemampuan yang lebih..hehehe Insya Allah itu efek dari nrimo dan bersyukur atas anugrah apapun yang datang. Perjalanan menembus hujan pun akan menjadi tantangan bagi kita. Ditengah jalan ketika sedang berkendara baik roda 2 maupun roda 4 hujan InsyaAllah akan menjadi pengalaman dan cerita pada suatu masa kelak. Tapi tetap berhati-hati ketika berkendara dalam kondisi hujan.

       Mungkin di sebagian besar kita sering mengeluh ketika hujan turun. Ya mungkin dapat  menyebabkan jemuran tidak kering2, rencanan terhambat dan sebagainya. Tapi Insya Allah jika kita tidak mencela hujan, dan mensyukuri hujan. Pasti kita dapat mengambil hikmah dibalik turunnya hujan tersebut. Mungkin Allah menyimpan rencana lain yang lebih indah seusai hujan itu. Sedikti cerita, waktu itu kami pernah mengadakan suatu acara ketika kkn, sekitar 2 jam sebelum acara tersebut dimulai saya sangat khawatir acara tidak berjalan dengan sukses dan lancar, serta yang hadir sedikit. Alhamdulillah ternyata setelah hujan mereda tepat pada waktu acara akan bergulir,  banyak peserta dan penonton yang hadir, dan pada malam harinya deiberi cuaca yang baik tidak hujan sehingga bisa dilanjutkan acara lain yang diselenggrakan desa. Selain itu hikmah dibalik hujan, Alhamdulillah saya dapat dipertemukan dengan si 'dia' hehe. Ketika saya ingat-ingat lagi ternyata setiap bertemu 'dia' pasti hari itu hujan.. Alhamdulillah terimakasih atas Rahmat-Mu yang agung ini Wahai Rabb pencipta Alam semesta..

Itulah sedikit pengalaman cerita tentang kau, kita dan hujan. Pesan saya ketika hujan ikutilah apa yang telah dituntunkan oleh Rasulullah SAW, syukuri anugerah hujan yang telah diturnkan, banyak berdoa, dan jangan sekali-kali mencela huja, karena hujan merupakan ciptaan dan rahmat Allah SWT. Dan yang terakhir bergembiralah dan siapkan moemn ketika huaj mulai turun dengan deras.. asu selalu bahagia saat hujan turun.. karena aku dapat mengenangmu untukku sendiri.. karena hujan pernah menahanku disini untukmu..

By: Gesit




Tidak ada komentar:

Posting Komentar