Senin, 12 Januari 2015

PROFIL CURUG YANG TELAH SAYA KUNJUNGI DI BANYUMAS DAN PURBALINGGA

Banyumas dan sekitarnya (BARLINGMASCAKEB--> Banjarnegara Purbalingga Banyumas Cilacap dan Kebumen) merupkan wilayah yang asri dan indah alamnya. Salah satu keindahan alam dari Allah Yang Maha Kuasa untuk alam Banymas dan sekitarnya ini adalah curu atau air terjun atau waterfall. Berikut ini informasi dari pengalaman sayan yang telah mengunjungi dan menjelajah beberapa curug, mungkin bisa jadi referensi wisata, petualangan, penelitian dan sebagainya.. hehe

1.  CURUG CIPENDOK

Lokasi: Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kab. Banyumas Jateng
Ketinggian: + 92 meter
Kondisi Alam: Terletak diantara tebing curam yang hijau nan segar, masih terjaga asri meskipun sudah masuk dalam jangkauan wisata pemkab banyumas
Kondisi medan menuju lokasi: Jalur yang menanjak, pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima dan masih kuat untuk menanjak, sudah jalan beraspal, terdapat tangga dari batu yang disusun menuju curug.
Kategori lokasi: Wilayah Perum Perhutani
Debit air/tipe curug: Deras, terlebih ketika musim hujan dan tek pernah kering di musim kemarau, air jatuh dekat tebing
Tiket masuk: Rp. 6000, parkir motor Rp. 2000, roda 4. Rp. 5000 (2013)
Fasilitas: Pemandangan alam ciptaan Allah Yang Maha Kuasa Taman bermain, asuransi jasa marga, toilet, gardu pandang,dsb.
Petunjuk arah:  dari jalan raya Purwokerto-Ajibarang, ambil pertigaan menuju utara desa cikidang (ada plang cipendok), terus sampai menuju desa karang tengah, ada pertigaan bbptu sapi perah ambil kanan. Waktu tempuh dari pusat kota Purwokerto + 30-45 menit

2.  CURUG GOMBLANG

Lokasi: Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Kab. Banyumas Jateng
Ketinggian:  + 25 meter
Kondisi medan menuju lokasi:   Masuk kawasan bumper, jalanan masih berupa batu yang ditancapkan kedalam tanah (makadam) dan jika hujan baru saja turun akan berlumpur, jalanan ditengah hutan yang akan membuat sensasi adventure.!, kondisi jalan menuju curug harus menuruni tangga –tangga dari batu yang tersusun kebawah,perhatikan langkah anda hati-hati dengan semak belukarnya yang menghalangi jalan.
Kategori lokasi: Wilayah Perum Perhutani
Debit air/tipe curug: Deras, akan sangat deras jika hujan musim hujan, tidak pernah kering dimusim kemarau, air jatuh dekat tebing
Tiket masuk:  Gratis.. (belum dikelola lebih lanjut oleh pemkab Banyumas)
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa

3.  CURUG SONG (GUWA SONG)

Lokasi: Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kab. Banyumas Jateng
Ketinggian:  + 30 meter
Kondisi Alam: diantara bukit dan ditengah - tengah hutan pinus
Kondisi medan menuju lokasi: Harus menempuh hutan pinus dan diantara lembah dan bukit, serta menelusuri sungai..
Kategori lokasi: Wilayah Perum Perhutani
Debit air/tipe curug: Kecil, akan sedikit menderas ketika musim hujan,air menempel ditebing curug, kemungkinan mengering jika kemarau panjang
Tiket masuk: hanya bayar parkir Rp 1000 untuk motor dirumah warga
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa
Petunjuk arah: Pertigaan pasar patikraja ambil arah mandirancan, lewat jembatan kecil yang melintasi sungai serayu, kemudian ambil arah Rawalo sampang, setelah itu ikuti arah menuju desa kalisalak, desa ini cukup terkenal karena terbiasa ada ritual-ritual aneh disana, maka berdoalah.. Setalah sampai tanyalah keapada warga sekita, nanti akan ditunjukan lokasi tempat parkir, setelah parkir kendaraan, kita harus berjalan + 30 menit maka akan sampai di curug song. Waktu tempuh dari pusat kota pwt + 25 menit

4.  CURUG GEMAWANG

Lokasi: Desa Kemawi, Kec. Somagede, Kab. Banyumas, Jateng
Ketinggian:  + 30 m (2 tingkat bwh), >70 m (semua tingkat)
Kondisi Alam: Diantara bukit dan bebatuan
Kondisi medan menuju lokasi: Melewati jalan yang cukup lebar namun masih terbuat dari batu yang ditancapkan (makadam),harus ekstra hati-hati
Kategori lokasi: Wilayah perbukitan mungkin masuk wilayah Perhutani
Debit air: Cukup deras, tidak mengering ketika kemarau, akan menderas jika musim hujan, terdiri dari bertingkat-tingkat curug
Tiket masuk: Gratis (kecuali musim liburan mungkin ditariki parkir kendaraan)
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa
Petunjuk arah: Dari pertigaan kec. Banyumas ambil arah menuju kec. Somagede /(Kab Banjarnegara), Terdapat pertigaan lagi, ambil kearah yang menuju kec sumpiuh/desa tanggeran,lurus + 1-2 km ada perempatan ambil kiri ,lebih baik tanya orang jalan menuju desa kemawi, setelah sampai kemawi, ada banner/poster besar penunjuk arah ke lokasi curug itu,dan masuk jalan terjal yang berjarak 2,5 km(tahun 2013) untuk sampai curug gemawang, disana juga terdapat tapak bima, waktu tempuh dari kota pwt + 1 jam.

5.  CURUG BAYAN

Ketinggian:  10 Meter
Kondisi Alam: Dekat jalan raya dan dam Jepang
Kondisi medan menuju lokasi: Cukup mudah bahkan dapat dikatakan paling termudah..
Kategori lokasi: Dekat pemukiman warga dan merupakan DAS (Daerah Aliran Sungai) Banjaran.
Debit air:  Cukup deras dan tidak mengering meskipun kemarau, jika musim hujan debit akan tinggi.
Tiket masuk:  Parkir kendaraan spd motor Rp. 2000, jika kurang beruntung anda akan ditarik tiket di portal gerbang desa tiket Rp 3000
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa, toilet, warung jajanan, gubug makan, sebuah villa/homestay.
Petunjuk arah: Dari perempatan menuju lokawisata baturraden ambil arah desa ketenger/jalur alternatif ke purwokerto, sudah terdapat papan/plang penunjuk arah yang jelas. Waktu tewmpuh dari kota pwt + 15 menit.

6.  CURUG GEDE

Ketinggian:  + 30 Meter
Kondisi Alam: Terletak diantara tebing-tebing yang cukup tinggi dan curam, dan terdapat beberapa curug kecil lain disisi tebing.
Kondisi medan menuju lokasi: terletak + 150 meter kearah selatan dari curug Bayan. Harus menuruni anak tangga untuk kearah curugnya dan mendaki anak tangga yang cukup tinggi ketika pulang keatas cukup cape..
Kategori lokasi: Wilayah perbukitan, komplek curug gede yang terdiri dari 7 curug...
Debit air: cukup deras, tergantung debit aliran air di atasnya.. akan seditik mengecil aliran jika musim kemarau tiba, dan menderas ketika musim hujan.
Tiket masuk: Sama seperti ke curug bayan..
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa
Petunjuk arah: Dari arah curug Bayan, kita menuju kearah selatan (lokasi outbond), terus keselatan + 150 meter anda akan menemui jalur anak tangga menuju kebawah, dan ikuti arah anak tangga itu. Ketika di anak tangga anda akan disuguhi pemandangan beberapa curug di sisi tebing sebelah timur..

7.  CURUG TEMPUHAN

Ketinggian:  + 20 Meter
Kondisi medan menuju lokasi: terletak + 150 meter kearah selatan dari curug Bayan. Harus mendaki anak tangga yang cukup tinggi. Sebelah selatan curug Gede + 25 meter
Tiket masuk: Sama seperti ke curug bayan..

8.  CURUG KALIKARANG

Lokasi: Dusun Buret, Desa Tanalum, kec. Rembang, kab Purbalingga, Jateng
Ketinggian: 30 Meter (3 tingkat)
Kondisi Alam: Dekat pemukian warga dan wilayah persawahan.
Kondisi medan menuju lokasi: Harus melewati jalan yang menurun dan menajak, dan cukup terjal, kemungkinan akhir  tahun 2013 jalan sudah disapal, sehingga labih mudah.
Kategori lokasi: Wilayah persawahan
Debit air: Cukup deras, dan tidak pernah kering meskipun kemarau.
Tiket masuk: Mungkin hanya ditarik tiket parkir, namun jika anda kesana ketika hari kerja dan bukan musim liburan, mungkin gratis...(2013). Sepertinya mulai tahun 2014 sudah mulai deikelola dengan baik oleh pemerintah dan warga desa Tanalum.
Fasilitas: Taman bermain, kolam renang anak, bakul jajanan, Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa
Petunjuk arah: Dari arah pertigaan desa sumampir (Masjid Nurul Iman), dapat lewat desa tanalum/pertigaan pasar sumampir, namun lebih baiik lewat pertigaan pasar sumampir, karena jalannya lebih bagus, dari sana naik kendaraan harus menempuh waktu + 15 menit sampai di perempatan buret kalikarang, sudah ada penunjuk arah, dan dari peermpatan itu harus ekstra hati-hati untuk sampai curug. Jarak tempuh dari kota Purbalingga + 1 jam. Namun Sekarang jalan sudah diaspal dan lebih baik, tapi tetap harus ekstra hati-hati dalm berkendara.

9.  CURUG AUL

Lokasi: Pucung Rumbak, Desa Tanalum, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jateng
Ketinggian:  urug Aul atas + 50 meter (2 tingkat), > 75 meter (7 tingkat bawah)
Kondisi Alam: Masuk kawasan perhutani, terdapat diantar bukit hutan pinus (termasuk lingku perhutani pos tunjungmuli)
Kondisi medan menuju lokasi: Harus mendaki jalan yang tinggi (bisa juga naik sepeda montor namun motor harus dalam kondisi prima beserta pengemudi harus siap melewati jalan mendaki nan terjal), lewat hutan pinus dan pematang sawah
Kategori lokasi: Wilayah Perhutani
Debit air: Kecil di musim kemarau dan cukup deras ketik musim penguhujan
Tiket masuk: Masih gratis
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa, outbond (masih rencana nampaknya)
Petunjuk arah: Dari arah pertigaan desa Tanalum, ambil arah ke dusun Pucung Rumbak. Setelah samapi pemukiman warga dan lapangan bola kecil dan mulai dari situ akan mendaki jalanan yang cukup terjal dan menantang

10.         CURUG CIDADAP

Lokasi: Semaya, Desa Sunyalangu, Kec Karanglewas, Kab. Banyumas, Jateng
Ketinggian:  25 meter
Kondisi Alam:  Masih sangat asri dan liar, ditengah hutan dan curug terdapat diantara tebing tebing yang terjal, bersebelahan denagn curug gombalng hanya dibatasi oleh bukit yang tinggi
Kategori lokasi: Wilayah Perum Perhutani
Tiket masuk:  Gratis.. (belum dikelola lebih lanjut oleh pemkab Banyumas)
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa
Petunjuk arah:  Pertigaan desa keniten ambil arah utara, menuju arah desa kalisalak, lebih banyak bertanya kedapa warga sekitar. Waktu tempuh dari pusat kota pwt + 30 menit. Ikuti arus sungai yang mengalir dari curug gomblang, nanti akan bertemu pertemuan arus sungai, terjanglah arus sungai yang baru itu, akan bertemu curug cidadap, ada yang menyebut gomblang kulon.

11.         CURUG PENGANTEN BATURRADEN

Ketinggian:  + 60 meter
Kondisi Alam: Masih sangat alami, liar, jarang terjamah manusia
Kondisi medan menuju lokasi: Menembust liarnya dan alaminya hutan kaki gunung Slamet
Kategori lokasi: Wilayah Perhutani
Debit air: Tinggi, tidak kering meski musim kemarau
Tiket masuk: Bayar parkir  kednraan di rumah warga kayaknyaRp.  2000-3000 (seperti kalaumau jalan-jalan ke pancuran 7)
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa
Petunjuk arah: Cukup sulit unutk menujuk arah ke curug penganten baturraden ini. Mungkin sebaiknya menggunakan jasa pemandu untuk ke curug ini. Sedikti saja dari yang kami ingat, dari arah waduk plta ketenger setelah melewati jembatan besi ambil arah kiri (jika kekanan kearah pancuran 7). Ambil jalan setapak, initnya kita harus terus mangambil persimpangan yan kearah kiri, nantinya akan melewati 2 sungai yang sedang namun beraliran cukup deras, dan curug pengan  adalah sungai yang terakhir.

12.         CURUG CEHENG

Lokasi: Desa Gandatapa, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas, Jateng
Ketinggian:  + 20 meter
Kondisi Alam: Terdapat diantara bukit yang cukup terjal,
Kondisi medan menuju lokasi: Harus menuruni ratusan anak tangga, jika pulang lumayan capek krena harus naik anak tangga...
Kategori lokasi: Wilayah perhutani
Debit air: Cukup deras, tipenya pony tail (ekor kuda)
Tiket masuk: perkir kendaraan Rp. 1000 dan masuk curug Rp. 2000
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa, bale-bale untuk istirahat, asuransi jasa marga, terdapat kantin juga..
Petunjuk arah: Dari arah pertigaan sumbang kearah utara + 5 km sampai kedesa Gandatapa,nanti ada plang curug Ceheng.

13.         CURUG KALAMENTAH

Lokasi: Kalamentah, Desa Kebumen, Kec Baturaden, Kab. Banyumas, Jateng
Ketinggian:  + 15 Meter (3 tingkat)
Kondisi Alam: Dekat pemukiman warga
Kondisi medan menuju lokasi: Mudah dijangkau karena dekat pemukiman wrga (jalan aspal)
Kategori lokasi: Wilayah pemukiman warga
Debit air: Sedang, mungkin akan mengecil ketika kemarau dan tinggi ketika musim penghujan, dulunya pernah digunakan untuk pembangkit listraik tenaga mikrohidro
Tiket masuk: Sepertinya grati, mungkin akan ditariki parkir jika sedang liburan
Fasilitas: Dekat tempat renang dan outbond
Petunjuk arah: Dari arah jalan desa kebumen karangnangka ada sebuah jalan menuju dusun kalamenta. Srkitar 300 meter akan samapi di curug.

14.         CURUG TELU

Lokasi: Desa Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jateng
Ketinggian:  + 25 Meter
Kondisi Alam: Terdapat di antar bukit prsawahan dan perkebunan warga
Kondisi medan menuju lokasi: Melewati pemtang saha dan papringan serta menelusuri sungai
Kategori lokasi: Wilayah persawahan dan perkebunan, wilayah irigasi warga
Debit air: Tinggi, tidak kering  ketika musm kemarau, termasuk kategori pony tail
Tiket masuk: Gratis, yang penting titip kendaraan kewarga denag sopan..
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa
Petunjuk arah: Dari arah pintu masuk Mandala, ambil arah kiri ke desa Karangsalam, stelah sampai di pertigaan desa karang salam lurus terus ke utara, terdapat kandang sapi, dan diutara sedikit adal jalan setapak itkuti jalan setapak dan jika telah samapi sungai telusiari sungai kearah hulu

15.         CURUG BELOT

Lokasi: Desa Rempoah, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jateng
Ketinggian: + 40 meter
Kondisi Alam:  Terdapat pertemuan 2 sungai yang nantinya membentuk singai pelus
Kondisi medan menuju lokasi: Menuruni anak tangga dan jalan setapak yang cukup licin
Kategori lokasi:Wilayah persungaian dan dekat pemukiman warga
Debit air: Cukup deras, namun akan sedikit ketika musim kemarau
Tiket masuk: Parkir Rp. 1000 di dekat musola warga
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa, adem dan murah
Petunjuk arah: Dari arah jalan raya baturraden, ada indomaret desa rempoah, utara sedikti ada gang menuju ke timur, atau tepatnya gang depan BRI Baturaden, masuk nanti ada musola titipkan kendaraan disana, dan mulai berjalan keraha bawah (berhati-hatilah licin).

16.         CURUG KLAPA

Lokasi: Desa Banjarpenepen, Kec. Sumpiuh, Kab. Banyumas, Jateng
Ketinggian: + 20 meter
Kondisi Alam: Liar dan masih alami
Kondisi medan menuju lokasi: Melewati jalan setapak dan hutan karet
Kategori lokasi: Wilayah Perhutani
Debit air: Cukup desar tergantung musim, jika hujan akan semakin deras
Tiket masuk: Gratis
Fasilitas: Pemandangan alam yang menawan ciptaan Allah Yang Maha Kuasa
Petunjuk arah: Dari arah jalan nasional sumpiuh, ambil keiri kearah desa Banjarpanepen, didesa ada pertigaan, amabil yang kearah kana yang terdapat sungai di sebelah jalan (sungai cawang). Nanti akan ada jembatan tempat pertemuan dua sungai, ambil jalan setapak disebelah kiri, dapat menggunakan speda motor, dan dititipkan dirumah terakhir yang terdapat ditenga hutan (rumah penyadap getah karet). Jika jalan dari jalan beraspal akan cukup lama, mungkin bisa 1 jam, karena naik sepeda motor saja + 15-20 menit.

InsyaAllah bertambah seiring berjalannya waktu dan informasi...
(Nangga, Mertelu, Kembar, Moprok, Goa, pbg)
Maturnuwun..
Pesan dari kami pribadi, tetap jaga kelestarian dan keindahan alam (jangan melakukan aksi corat-coret alam/vandalisme), jaga kebesrsihan lingkungan (jangan nyampah dilokasi curug, sampah dibawa pulang dan dibuang jika menemukan tempat sampah!!!) jangan merusak habitat alam, jangan menebang pohon. Ingat! kita disana hanya meninggalkan jajal tapak kaki dan helaan nafas.. Berfikirlah dampak negatifnya jika hendak melakukan tindakan buruk (buang sampah, corat-coret, merusak habitat alam, dsb), berfikir bagaimana jika kelak semua orang yang mengunjungi dilain kesempatan melakukan hal buruk yang serumpa..???
Mulailah dari diri sendiri, dari yang kecil-kecil dan saat ini juga!