Sabtu, 17 Januari 2015

Sedikit Kutipan-kutipan Kajian Semoga Bermanfaat.. (Part1)


Kutipan Kajian Islam..
Ikhlas tanpa kesyirikan sediktpun..
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.." (Q.S Al Fatihah : 4)
"Katakanlah: "Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam, tidak ada sekutu baginya, dan itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku termasuk orang yang berserah diri kepada Allah" (Q.S Al An'am : 162-163)
"Katakanlah: Dialah Allah Yang Maha Esa, Allah tempat kita meminta, Dia tidak beranak dan tidak diperanakan, dan tidak ada sesuatupun yang setara dengan Dia" (Q.S Al Ikhlas : 1-4)

Beberapa ayat Al Qur'an diatas adalah ayat yang SELALU kita baca ketika kita menunaikan Sholat baik fardu maupun sunnah, ayat-ayat dari ketiga surah tadi, semoga dapat menjadi pegangan hidup yang paling terminimal untuk mencegah kita dari kemusyrikan kepada Allah SWT, serta menguatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT..

Allahumma inna na'udzubika min annusyrika bika syayan na'lamuhu wa nastaghfiruka limaa laa na'lamuhu..

(Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari menyekutukanMu dengan segala yang aku ketahui. Dan aku memohon ampun dari segala yang tidak aku ketahui.. )

Doa dan Perjuangan...
Kita sering berdoa kepada Allah SWT dengan sebaik-baik do'a:
"Robbanaa atina fiddunya khasanah wa fil akhiroti khasanah wa qina 'adzabannar"
("Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka") Q.S Al Baqoroh : 201,
namun, kita harus selalu ingat ayat selanjutnya...y
ang artinya:
"Mereka itulah orang-orang yang mendapat BAGIAN daripada apa yang mereka USAHAKAN; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya."
Q.S Al Baqoroh : 202,
dalam setiap detik hidup kita didunia harus selalu bertawakal dan berdo'a kepada Allah Ta'ala:
"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (Q.S Al Mu'min : 60)
dan sebagai seorang muslim diwajibkan berusaha:
"...Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..." (Q.S Ar Rad : 11)
Karena dibalik kesulitan pasti ada kemudahan..
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (Q.S Al Insyiroh: 5)
Hanya kepada Allah sajalah kita berharap adalah salah satu bukti tawakal kita kepada Allah...
"dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap." (Q.S Al Insyiroh : 8 )

Salah satu bentuk tawakal dan usaha yang paling sering,ringan dan utama yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah do'a ketika keluar rumah..

“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (dzikir): Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya), maka malaikat akan berkata kepadanya: “(sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah Ta’ala), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)”, sehingga setan-setanpun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah Ta’ala)?” (HR Abu Dawud & Tirmidzi)
Ust Mintaraga.

Sabar dan Syukur..
ika Allah SWT menakdirkan kita menjadi orang yang miskin dan serba kekurangan urusan duniawi serta ujian dari Allah, tetaplah menjadi seorang Muslim yang selalu BERSABAR dan merasa cukup (Qona'ah)...
dan
Jika Allah SWT menakdirkan kita menjadi orang yang kaya didunia dan selalu diberi kenikmatan duniawi yang lebih oleh Allah, semoga kita tetap menjadi seorang Muslim yang selalu BERSYUKUR kepada Allah atas semua nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita...

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (Q.S Al Baqoroh 152)

karena semua nikmat yang telah Allah berikan kepada kita itu pasti akan dipertanyakan kelak dihadapan Allah SWT, bahkan setiap teguk air yang kita minum..

"Nikmat yang pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak adalah ketika dikatakan kepadanya "Bukankah Aku telah menyehatkan badanmu serta memberimu minum dengan air yang dingin?" (HR Turmudzi dan Hakim).

"kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang semua kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu)." ( Q.S At Takatsur 8 )

Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika wa khusni 'ibaadatik
(Ya Allah tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan memperbaiki ibadah pada-Mu)

kajian Ust. Abdullah Zaen


Tidak ada komentar:

Posting Komentar