Senin, 24 Juni 2013

SAMBUTAN PERPISAHAN KKN POSDAYA DESA TANALUM




Assalamualaikum Warokhmatullohi Wabarokatuuh.

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah wa-asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wah-dahu laa syariikalah wa-asy-hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.
Qoola robbisrohlisodri wayassirliamri wahlul’ukdatammillisani yafqohuuqouli. Amma ba’du.


Yth. Kepala Desa Tanalum, Bapak Priyono beserta Ibu
Ykh. Seluruh Perangkat Desa Tanalum
Ykh. Alim Ulama’, Sesepuh Pinisepuh dan Seluruh Tokoh Masyarakat Tanalum
Ykh. Ketua dan Pengurus Karang Taruna Desa Tanalum
Ykh. Seluruh tamu undangan yg tidak dapat saya sebut satu per satu.
Ykh. Rekan rekan Mahasiswa KKN POSDAYA UNSOED Desa Tanalum.
Pertama2, MARILAH KITA PANJATKAN puji syukur kehadirat Allah swt atas rahmat hidayah serta karunia Nya kepada kita sehingga malam hari ini dapat menghadiri acara Perpisahan KKN POSDAYA UNSOED 2013.
Solawat dan salam tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat serta ummatnya yang setia hingga akhir zaman semoga kita semua termasuk didalamnya. Amiin.
Hadirin yang kami hormati
Pada kesempatan malam yang berbahagia ini izinkanlah saya mewakili rekan-rekan mahasiswa KKN POSDAYA UNSOED PURWOKERTO di desa Tanalum ini untuk meyampaikan sepatah dua patah kata sebagai salam perpisahan dari kami mahasiswa KKN POSDAYA UNSOED PURWOKERTO DESA TANALUM yang kami cintai ini.
1. Kami mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada Kepala Desa Tanalum yaitu Bapak Priyono yang berkenan dari awal telah menerima kami dengan sambutan yang luar biasa hangat dan juga dukungan, bimbingan serta motivasinya kepada kami.
2. Terimaksih kami ucapkan juga kepada Seluruh Perangkat Desa Tanalum, Pengurus PKK Desa Tanalum, Pengurus Posyandu Desa Tanalum dan juga seluruh masyarakat desa Tanalum yang telah membimbing kami dan atas kerja samanya sehingga seluruh program kerja KKN POSDAYA UNSOED  2012 di Desa Tanalum dapat berjalan dengan lancar dan sukses.
3. Kepada Ibu Sekdes Ibu Dwi Maruti sekeluarga kami juga menghaturkan beribu-ribu terimakasih atas kehangatan keluarga baru yang bisa kami rasakan selama KKN dan tinggal di rumah Ibu Sekdes sekeluarga. Ada banyak kemesraan keluarga, ada banyak kenangan di sana dan insyaallah tidak mungkin kami lupakan kehangatan keluarga selama tinggal bersama beliau sekeluarga.
Hadirin yang kami hormati.
Selama 35 hari kegiatan KKN kami di desa tanalum ini yaitu dari tanggal 17 januari s.d. 21 februari 2013 nanti, kami menyadari, bahwa kehadiran kami disini belumlah dapat memberikan sumbangsih yang besar terhadap kelurahan ini, tapi mudah-mudahan KKN kami kali ini dapat memberi sedikit perubahan dan warna bila di banding tahun-tahun sebelumnya. Kami sudah berusaha semampu kami, semaksimal mungkin mengerahkan materi, tenaga dan pikiran kami demi teluk sepang tercinta, kami mohon maaf apabila selama 35 kami disini ada tingkah laku kami yang kurang sopan ataupun kegiatan kami yang kurang berkenan di hati, sekali lagi kami mohon maaf.
Ada begitu banyak kesan kami selama KKN di desa Tanalum dalam merealisasikan program kerja kami. Desa Tanalum adalah desa yang sangat luas, kami salut dengan seluruh warga desa Tanalum yang begitu akrab, santun, penuh dengan semangat persatuan walau pun mungkin jarak diantara dusun dengan dusun yang lainnya cukup jauh. Tetapi itu tidak menjadi pengahalang bagi warga Tanalum.
Kami juga salut dan mungkin senang sekali kepada warga Desa Tanalum yang begitu Welcome dengan kami, antusiasme yang  luar biasa, akrab dengan temen2 mahasiswa KKN sehingga kami pun menjadi tidak segan-segan untuk minta bantuan dan kerja samanya dalam merealisasikan kerja-kerja KKN di Tanalum tercinta ini.
Hadirin yang kami hormati.
Desa Tanalum tercinta ini mempunyai mayoritas petani  dan peternak. Begitu banyak manfaat dari bidang pertanian dan peternakan itu sedniri, sperti limbah ternak yang dapat dimanfaatkan sebagi kompos atau pupuk alami, sehingga tanaman pertanian dapat menjadi lebih subur, serta manfaat yang lainnya di Desa Tanalum ini, Potensi tanaman salak untuk diolha menjadi produk pangan oun sangat besar, tidak hanya itu Desa Tanalum juga masih banyak hutan-hutan tropis yang sekarang sudah mulai sulit dilestarikan. Disamping itu, Masyarakatnya yang penuh dengan semangat tinggi untuk bekerja keras, giat, tekun demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Tanalum. Tidak hanya itu, Bapak-Bapak dan Ibu Perangkat Desa Tanalum juga punya semangat yang tinggi untuk memajukan Desa tercinta ini. Artinya, bahwa Desa Tanalum ini mempunyai Potensi yang luar biasa. Sumber Daya Alam serta potensi wisata seperti curg kalikarang dan curug aul serta gua macan yang begitu indah kemudian didukung oleh Sumber Daya Manusia yang giat, amanah, tekun dan semangat gotong royong yang tinggi apalagi nanti bisa kita tambahkan teknologi canggih yang ramah lingkungan, saya yakin Desa Tanalum ini nanti akan berkembang pesat menjadi Desa yang Maju dan Sejahtera. Untuk itu, walau pun kami masih muda kami berpesan kepada seluruh masyarakat Desa Tanalum, teruslah bekerja keras, tekun, tetap bersatu dan meningkatkan situasi dan kondisi yang lebih baik agar Desa Tanalum ini semakin berjaya di kemudian hari. Amin.
Kami seluruh tim KKN POSDAYA UNSOED selain ditugaskan untuk melakukan KKN yang intinya berbaur dengan masyarakat, kami juga ditugaskan untuk mendirikan POSDAYA atau Pos Pemberdayaan Keluarga di dusun 1, yang merupakan pengembangan dari posyandu dengan tambahan bidang lingkungan, pendidikan, serta kewirausahaan. Posdaya pertama di desa Tanalum yang telah diberi nama POSADAYA PELITA HARAPAN. Sesuai dengan namanya pelita harapan, semoga POSDAYA ini dapat menjadi Pelita atau menerangkan/mencerahkan untuk kemajuan serta kesejahteraan desa. Harapan kami dan tentunya harapan seluruh warga desa Tanalum, POSDAYA dapat memajukan serta mensejahterakan seluruh komponen desa. POSDAYA di dusun 1 merupakan Posdaya awal yang terbentuk di desa Tanalum. Kami berharap POSDAYA Pelita Harapan dapat terus maju dan turut serta membangun desa Tanalum menjadi lebih baik lagi.
Wa bil khusus untuk pemuda pemudi Desa Tanalum setelah kembali terbentuknya kepengurusan karang taruna yang sudah lama vakum, maka dari itu pereratlah hubungan Persaudaraan dan jagalah kekompakan, kami melihat banyak sekali bakat-bakat olahragawan yang sangat terampil dimiliki pemuda pemudi desa tercinta ini. Teruslah pertahankan dan tidak hanya itu tingkatkanlah dan gali terus potensi diri kalian. Manfaatkan sebaik-baiknya sarana dan media yang ada di Desa ini untuk menggali potensi kalian. Karena ketika kalian sudah mampu menggali potensi diri, entah itu bakat olahraga, bakat prestasi akademik, bakat2 positif lainnya maka Desa Tanalum ini tidak akan khawatir ketika nanti siapa yang akan meneruskan atau mewujudkan cita-cita Desa Tanalum ini. Dan tentunya Bapak Lilik beserta Perangkat Desa lainnya akan bangga dan optimis Harapan Tanalum ini Masih Ada.

Teruntuk adik-adikku tersayang, teruslah kalian belajar yang giat, kejarlah cita-cita kalian setinggi langit, dan bersekolah hingga jenjang yang paling tinggi karena adik-adik semua adalah generasi penerus kami, generasi penerus bapak dan ibu yang ada di sini Kebersamaan dengan kalian, adik-adiku sayang, baik sewaktu bimbingan belajar, belajar mengaji di TPQ dan kegiatan yang lain, sangat begitu indah dan tak kan pernah kakak lupakan. Kalian adalah sahabat kecil kami yang senantiasa menghibur kami di sini.
Hadirin yang kami hormati.
Rasanay kurang bijak jika saya terlalu lama berkata, sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Tanalum tercinta dan juga semua pihak yang sudah membantu dan bekerja sama kepada kami sehingga bisa menyelesaikan program kerja KKN kami. Saya dan temen2 KKN POSDAYA UNSOED mohon pamit untuk pulang ke rumah kami dan melanjutkan kuliah kami di kampus UMSOED Semoga perjumpaan kita bermanfaat dan membawa berkah.
Akhirnya, dari saya cukup sekian apabila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati Hadirin, saya pribadi mohon maaf yang setulus-tulusnya.
“Apabila ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi, apabila diberi umur yang panjang, boleh kita berjumpa lagi”. “Jika ada jarum yang patah jangan disimpan didalam peti, jika ada kata-kata kami yang salah jangan disimpan didalam hati”. Demikianlah SALAM PERPISAHAN dari kami, mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan.
“Maju Terus Pantang Menyerah”
Billahittaufiq walhidayah

Wassalamu’alaikum Warokhmatullohi. Wabarokatuuh.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar