Sabtu, 07 Februari 2015

Berbagai Fadhilah Wudhu




Wudhu menurut bahasa berarti indah dan bersinar. Sedangkan menurut syari’at adalah menyucikan sesuatu dengan menggunakan air pada anggota badan tertentu dengan cara tertentu.

            Adapun perintah Allah bahwa kita wajib melaksanakan wudhu sebelum shalat adalah:


“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki…” (Q.S Al Maidah 6)

            Sedangkan wudhu yang berupa anjuran, Dr. Yusuf Al Qardhawi dalam kitab Fikih Thaharahnya dengan menukil dari beberapa hadits, menganjurkan untuk berwudhu pada situasi, yakni:


1.      Wudhu dianjurkan bagi orang yang membaca Al Qur’an.
2.      Wudhu dianjurkan bagi orang yang mau berdzikir, berdoa dan istighfar.
3.      Wudhu dianjurkan bagi orang yang mau tidur. (Hadits Muttafaq alaih dari Al Barra’)
4.      Wudhu dilakukan saat akan mandi. Ini didasarkan pada sebuah hadits bahwa Rasulullah SAW saat memulai mandinya diawali dengan wudhu.
5.      Wudhu bagi yang tengah junub bila mau makan, minum ataupun tidur.
6.      Wudhu disaat akan mengusung mayat. Sebuah hadits menyebutkan:



“barangsiapa memandiakn mayat hendaknya mandi, dan barangsiapa yang membawanya hendaknya ia berwudhu.” (Al hadits)
7.      Wudhu saat marah. Ini karena marah adalah bara dari setan, sedangkan wudhu berfungsi untuk membantu memadamkannya.
8.      Wudhu di kala akan azan atau iqamah.
9.      Wudhu disaat wuquf di Arafah.
10

Adapun berbagai fadhilah orang berwudhu, banyak diberitahukan Rasulullah SAW melalui hadits-hadistnya, antara lain:

1. Wudhu yang diikuti dengan shalat Syukrul Wudhu’, akan diampuni dosanya yang tealh lalu. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian shalat dua raka’at dengantidak tergerak hatinya ketika shalat dalam urusan dunia (khusyu’), maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq alaih).

2. Kelak dihari kiamat bekas wudhu, wajah tangan dan kaki terlihat terang-benderang karena bekas wudhu.

  “Sesungguhnya ummatku akan datang pada hari kiamat dengan wajah, tangan dan kaki terang-benderang karena bekas wudhu…” (Muttafaq alaih)

3. Wudhu yang disertai dengan do’a membaca syahadat usai wudhu akan dibukakan 8 pintu Sorga:


“tidaklah salah satu diantara kalian berwudhu kemudian menyempurnakan wudhunya lalu ia membaca : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwasannya Muhammad itu hamba dan untusan-Nya; ya Allah, jadikan hamba termasuk golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah hamba termasuk golongan orang-orang yang suci” kecuali akan dibukakan 8 pintu sorga dan dipersilakan masuk lewat pintu manapun.” (At Tirmidzi)

4. Orang yang tidurnya punya wudhu, akan didoakan oleh malaikat agar dosanya diampuni. Sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“barang siapa tidur dalam keadaan berwudhu dalam selimut yang suci, maka ia bermalam dengan malaikat dalam selimutnya, dan tiada bangun di waktu malam melainkan malaikat itu berdoa “ Ya Allah, ampuni hamba-Mu si fulan, karena ia tidur dalam keadaan suci.” (H.R Abdul Laits)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar